Wajib Tahu! Ini Pengertian dan Faktor Pemicu Batu Saluran Kemih


Batu saluran kemih perlu dicurigai jika merasa nyeri ketika buang air kecil. Gejala tersebut umum terjadi bagi penderita penyakit tersebut. Bahkan, warna urine yang tak biasa seperti warna kemerahan dan coklat ini bisa jadi suatu pertanda. Sebelum hal ini terjadi sebaiknya berpola hidup sehat dan mengetahui faktor pemicunya agar bisa menghindari sejak dini.

Apa itu Batu Saluran Kemih?
Batu ini terbentuk dari mineral dan garam yang mengeras hingga membentuk “kerikil” dalam saluran kemih. Seseorang tak akan merasa gejala rasa sakit saat batu ini berada pada ginjal. Akan tetapi, ketika batu ini sudah melewati saluran kemih yang ukurannya sempit akan terasa sakit nyeri yang berat. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tak pandang usia maupun jenis kelamin.

Faktor Pemicu Resiko Lebih Tinggi
Tingkat resiko penyakit yang dialami seseorang didorong oleh berbagai faktor pemicu yang mungkin tak disadari dan jarang diketahui. Berikut ini faktor pemicunya sebagai berikut.

1. Dehidrasi
Menjaga asupan air putih yang cukup ternyata sangat penting. Tak hanya menjaga asupan gizi makanan saja. Apabila kadar air dalam tubuh kurang, maka akan memicu meningkatnya resiko seseorang mengalami sakit yang berkaitan dengan ginjal.

Pasalnya, jika kadar air tubuh tak mencukupi kebutuhan, maka hal yang terjadi akan mengalami dehidrasi. Memperbanyak minum air putih sangat penting, apalagi jika bertempat tinggal di daerah yang panas, sehingga lebih banyak membutuhkan kadar air.

2. Obesitas
Obesitas bisa diketahui dari perhitungan indeks masa tubuh. Berat badan yang terindeks obesitas resikonya lebih besar jika dibandingkan orang yang bertubuh ideal.

3. Penyakit Pencernaan
Berbagai penyakit seperti radang usus dan diare kronis bisa merubah proses pencernaan. Pengaruhnya berdampak pada penyerapan kalsium, bahkan terpicu kanker. Tidak hanya itu, operasi bypass lambung juga berpotensi terhadap penyakit batu saluran kemih. Pasalnya, semua hal tersebut bisa meningkatkan kadar pembentuk batu.

Menjalani sebuah kehidupan harus dengan pola yang sehat. Apabila menderita suatu penyakit dan mengharuskan mengkonsumsi obat-obatan tertentu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter efek samping dari penggunaan obat tersebut. Kemudian, mencari solusi untuk mengantisipasi terjadinya penyakit lain, termasuk batu saluran kemih.

0 Response to "Wajib Tahu! Ini Pengertian dan Faktor Pemicu Batu Saluran Kemih"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel