4 Tips Membersihkan Oven Listrik Bebas Kerak dan Bau


Oven listrik  yang jarang dibersihkan akan berkerak di bagian dalamnya. Kerak sisa dari proses memanggang bukan hanya tidak sedap dipandang. Namun juga berisiko menimbulkan api.

Tips Membersihkan Oven Listrik Supaya Awet
Membersihkan dengan bahan kimia juga dapat membuat bagian oven yang terbuat dari besi berkarat. Oven jadi mudah rusak Dan tidak awet. Maka gunakan cara yang benar dan alami dalam membersihkan oven seperti tips di bawah ini.

1. Oven dalam keadaan Off
Sebelum membersihkan oven, pastikan telah memutus aliran listrik terlebih dahulu. Apabila oven listrik baru saja dipakai, Anda dapat mendiamkan dulu beberapa menit sebelum dibersihkan. Tunggu hingga suhu dalam oven turun.

2. Gunakan Lap Lembab
Setelah mengeluarkan rak pemanggang, Anda bisa mulai mengelap bagian dalam. Basahi lap dengan air hangat, namun peras hingga hanya terasa lembab. Jangan biarkan air menetes ke dalam bagian dalam oven. Ini dapat menyebabkan karat. Lakukan hal yang sama pada bagian luar oven.

3. Gunakan Bahan Dapur
Kerak dan noda paling sulit untuk dibersihkan. Alih-alih menggunakan bahan kimia, Anda dapat menggunakan bahan yang tersedia dari dapur.

Yang pertama, gunakan baking soda. Campur 4 sdm baking soda dengan air, lalu semprot pada kerak dalam oven listrik. Tunggu hingga kerak terasa lunak dan dapat diangkat. Bersihkan dengan lap yang telah dibasahi tadi.

Jika kerak membandel dan susah untuk diangkat, gunakan campuran baking soda dan garam. Tambahkan sedikit air hingga adonan berbentuk pasta. Lalu letakkan pada kerak yang telah di semprot air hangat. Setelah kerak lunak, bersihkan dengan lap basah.

4. Hilangkan Bau Tak Sedap
Masukkan air perasan lemon dicampur air ke dalam wadah. Panaskan dengan suhu tinggi dalam oven 5-10 menit. Tunggu sejenak sebelum mengelapnya.

Terakhir, lap oven dengan lap kering setelah semua proses pembersihan selesai. Pastikan tidak ada kelembapan tertinggal. Bersihkan juga rak pemanggang sebelum dipasang kembali.

Demikian tips membersihkan secara aman. Bersihkan oven secara berkala setelah dipakai agar kerak tidak membandel. Oven listrik Anda akan selalu terlihat bersih seperti baru.

0 Response to "4 Tips Membersihkan Oven Listrik Bebas Kerak dan Bau"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel