Inilah Vitamin untuk Tulang yang Mencegah Osteoporosis hingga Patah Tulang!

Vitamin tulang bukan hanya vitamin D saja, tetapi berbagai jenisnya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Segala sesuatu? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Kesehatan tulang harus dijaga terutama di usia tua, karena kekuatan tulang juga menurun atau disebut osteoporosis. Namun kondisi ini juga bisa terjadi pada dewasa muda akibat kekurangan vitamin. Salah satu cara untuk memerangi atau mencegah pengeroposan tulang adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tulang atau suplemen makanan yang baik.

Berikut berbagai macam vitamin tulang:

1. Vitamin D.

Ini adalah vitamin yang paling kita ketahui untuk kesehatan tulang. Vitamin D merupakan nutrisi yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan membangun tulang yang kuat.

Kita bisa dengan mudah mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari, yang membantu tubuh memproduksi vitamin ini. Vitamin D juga bisa didapat dari banyak makanan, di antaranya salmon, tuna, herring, kuning telur, jamur, jus jeruk, kedelai, dan oatmeal.

2. Vitamin A.

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang membantu membangun tulang yang kuat dan sehat. Baik osteoblas (sel pembangun tulang) dan osteoklas (sel pemecah tulang) dipengaruhi oleh vitamin A.

Salah satu sumber vitamin tulang ini adalah retinol, yang ditemukan dalam daging dan ikan, sereal sarapan yang diperkaya, dan suplemen makanan. Vitamin A larut dalam lemak dan disimpan di hati, termasuk hati ikan dan hewan yang kaya vitamin A.

Sumber vitamin A lainnya adalah beta-karoten, ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna hijau tua dan oranye, termasuk melon, wortel, pizza keju, telur, ikan berminyak, susu bebas lemak, kangkung, hati, mangga, ubi jalar dan bayam.

3. Vitamin B.

Vitamin B6, B12, dan B9 dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis dengan mengurangi tingkat homosistein dalam darah, yang diduga terkait dengan kesehatan tulang yang buruk.

4. Vitamin C.

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan gusi dan tulang. Vitamin yang larut dalam air ini penting untuk pembentukan kolagen, yang merupakan dasar mineralisasi tulang. Peningkatan kadar vitamin C menyebabkan peningkatan kepadatan tulang.

Vitamin tulang ini bisa kita dapatkan dari buah-buahan dan sayuran seperti brokoli, paprika, kembang kol, kangkung, lemon, jeruk, pepaya dan stroberi.

5. Vitamin K.

Vitamin ini membantu kalsium untuk mengikat tulang, tetapi sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara nutrisi yang cukup dan berlimpah.

Vitamin tulang bisa didapat dari brokoli matang, kubis brussel, kol, minyak kanola, kangkung, minyak zaitun, peterseli, dan bayam.

6. Seng

Seng adalah vitamin penting untuk membangun kerangka yang sehat. Seng ditemukan di hampir 100 enzim berbeda, jadi ini adalah vitamin penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Seng adalah mineral paling umum kedua di tubuh setelah zat besi dan ditemukan di setiap sel.

Tubuh manusia mengandung sekitar tiga gram seng, konsentrasi tertinggi ditemukan di prostat dan mata. Seng juga bisa kita dapatkan dari makanan seperti kacang-kacangan, ayam dan daging sapi.

7. Magnesium

Magnesium adalah mineral alami yang ditemukan di banyak makanan, seperti roti gandum, sayuran hijau tua, dan kacang-kacangan. Magnesium dan kalsium bekerja sama untuk menjaga tulang tetap kuat.

Terlalu banyak magnesium menyebabkan gejala seperti sakit perut dan diare. Gejala ini membutuhkan penurunan kadar magnesium dalam makanan atau suplemen.

8. Kalium

Kalium adalah mineral paling melimpah ketiga di tubuh. Kalium membantu tubuh mengatur cairan, mengirim sinyal saraf, dan mengatur kontraksi otot.

Kalium terjadi secara alami dalam berbagai makanan, termasuk pisang, ubi jalar, alpukat, semangka, bayam, kentang, dan edamame.

Inilah berbagai vitamin tulang yang bisa didapatkan secara alami dari makanan atau dalam bentuk suplemen. Jika ingin menambah vitamin dalam tubuh, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda kekurangan atau kelebihan vitamin. Jika Anda telah didiagnosis, pastikan untuk mendidik diri sendiri tentang dosis yang tepat dan sumber vitamin untuk Anda!

0 Response to "Inilah Vitamin untuk Tulang yang Mencegah Osteoporosis hingga Patah Tulang!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel