6 Buah Untuk Mereka Yang Menderita Asam Lambung

Ada banyak pilihan buah untuk penderita asam lambung. Ya, menderita asam lambung akan membuat Anda benar-benar tidak bisa makan sembarangan, termasuk buah. Namun, jangan khawatir karena buah-buahan berikut ini masih aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Temukan lebih banyak lagi!

Buah untuk asam lambung yang sehat

Apa itu asam lambung?
Lambung menghasilkan asam lambung untuk membantu mencerna makanan. Namun, ada kalanya kadar asam lambung naik drastis. Sehingga kondisi ini dikenal dengan acid reflux atau penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

GERD diperburuk oleh kondisi katup sfingter lambung yang tidak dapat menutup sepenuhnya hingga asam lambung kembali ke kerongkongan. Jika demikian, Anda akan mengalami sejumlah gejala seperti mulas dan sakit tenggorokan. Sebagian besar kasus GERD disebabkan oleh pola hidup yang salah, seperti mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Buah untuk penderita asam lambung
Jika Anda benar-benar menderita refluks asam, jenis makanan yang dapat Anda makan dibatasi. Ini juga berlaku untuk buah-buahan. Adakah buah yang layak dikonsumsi karena buah merupakan salah satu sumber gizi utama bagi tubuh?

Jawabannya jelas, ada. Buah-buahan untuk penderita asam lambung antara lain:

1. Pisang
Buah asam lambung adalah pisang pertama. Buah dengan kulit kuning sangat cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena tingkat keasaman (pH) nya yang rendah yaitu hanya 5 derajat.
Pisang juga mudah dicerna, karena kandungan nutrisinya juga, sudah jelas Anda tidak perlu ragu. Anda bisa makan pisang secara langsung atau mengubahnya menjadi minuman jus segar.

2. Semangka
Buah selanjutnya yang harus Anda makan adalah melon. Buah hijau yang tinggi air ini saat dimakan tidak akan meningkatkan kadar asam lambung Anda. Sebaliknya, mengonsumsi melon justru membantu mengurangi asam lambung berlebih.
Karena? Jawabannya karena semangka mengandung magnesium. Magnesium adalah mineral yang biasa digunakan sebagai kombinasi obat untuk mengobati penyakit refluks asam. Selain itu, pH buah semangka hanya 6,1 yang masih tergolong muda.

3. Kelapa
Kelapa adalah buah lain yang aman dikonsumsi oleh orang yang menderita GERD. Pasalnya, tingkat keasaman pada buah ini masih dalam kategori rendah.
Selain mencegah asam lambung berlebih, mengonsumsi buah kelapa juga akan memiliki sejumlah efek positif bagi tubuh, termasuk menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

4. Tanggal
Buah identik Ramadhan ini tidak akan memproduksi asam lambung secara berlebihan. Sama seperti buah-buahan yang disebutkan sebelumnya, alasan kurma aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung adalah karena tingkat pH-nya yang relatif rendah.

Selain tidak meningkatkan asam lambung, kurma juga memiliki manfaat bagi kesehatan seperti menambah energi. Inilah mengapa sangat disarankan untuk makan buah ini saat berbuka puasa, karena dipercaya dapat mengembalikan energi yang hilang.

5. Memberi
Apakah Anda menderita GERD, tetapi apakah Anda suka beri? Jika demikian, maka jangan khawatir. Walaupun buah beri seperti stroberi, blackberry, atau raspberry cenderung memiliki rasa asam, hal ini tidak menyebabkan peningkatan produksi asam lambung saat dimakan.
Buah beri mengandung banyak zat penting, termasuk antioksidan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini demi menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari kerusakan sel yang dapat berujung pada penyakit serius.

6. Semangka
Selain itu, jangan lupa untuk memasukkan buah semangka ke dalam daftar buah-buahan harian Anda agar kebutuhan nutrisi harian Anda dapat terpenuhi tanpa perlu mengkhawatirkan asam lambung berlebih. Kandungan air yang tinggi pada semangka membantu menetralkan asam lambung sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Demikian 6 manfaat buah untuk asam lambung,namun lebih baik jika kalian konsultasi ke dokter dahulu .

0 Response to "6 Buah Untuk Mereka Yang Menderita Asam Lambung"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel