Tips Menghindari Dampak Stres Akibat Sosial Media

Adanya sosial media menjadikan kita semakin bergantung pada internet. Hiburan harian yang selalu kita tuju adalah sosial media. Memang, banyak hal menarik di sosial media. Mulai dari hal – hal lucu, kabar dan informasi terbaru di seluruh dunia, dan tentunya kabar dari teman – teman sosial media kita.

Karena serunya bermain sosial media, seringkali kita tidak sadar waktu kita banyak terbuang hanya karena melihat foto dan video di sosial media. Kita jadi melihat teman kuliah sudah ada yang menikah, sudah memiliki 3 anak, baru melahirkan anak kembar, ada yang sudah bekerja di perusahaan multinasional, dan ada juga yang sedang berlibur di luar negeri.

Sosial Media Bisa Bikin Stres?

Melihat itu semua, rasanya hati menjadi campur aduk. Ada rasa iri kenapa mereka bisa tapi diri sendiri tidak bisa? Ada rasa geram kenapa teman yang dulu dekat tidak memberi kabar padahal sudah menikah? Dan perasaan campur aduk lainnya.

Hal ini menjadikan seolah kehidupan orang lain lebih baik dari kehidupan diri sendiri. Seperti pepatah mengatakan, “rumput tetangga terlihat lebih hijau dari rumput sendiri”.

Hal seperti itu tanpa sadar sudah meracuni diri sendiri. Membuat hati bergejolak dan mood mulai turun. Tentu kamu tidak ingin seperti ini, bukan? 

Cara Bijak Menghindari Dampak Stres Akibat Sosial Media

Oleh karena itu, kamu harus dapat menggunakan sosial media dengan bijak. Jangan sampai, tujuan kamu yang ingin refreshing dengan melihat sosial media terhalang karena kejadian seperti ini. Dan kamu dapat mengikuti tips di bawah ini untuk menghindari stres karena sosial media. 

1. Buat Jadwal untuk Membuka Sosial Media

Mengecek sosial media tidak harus setiap menit. Kamu perlu membuat jadwal kapan harus membuka sosial media. Hal ini supaya kamu bisa mengetahui batasannya dan tidak terlalu terobsesi dengan dunia maya. Harus selalu ingat bahwa kamu memiliki prioritas di dunia nyata.

Terlebih bagi kamu yang suka baper dan iri melihat kebahagiaan orang lain di sosial media. Dengan melihat sosial media dan melihat orang lain terlihat lebih baik dari dirimu, bisa membuat mood mu turun drastis. Yang berujung pada ketidakproduktifan dirimu sendiri. Jadi, usahakan untuk selalu tahu batasan bersosial media.

2. Kurangi Obsesi terhadap Jumlah Likes dan Komentar

Setiap selesai mengunggah sesuatu di sosial media, tidak perlu dipikirkan jumlah likes dan komentar yang ada. Biarkan saja, yang terpenting hal yang kamu unggah bukanlah hal yang melanggar. Tidak perlu iri dengan orang lain yang jumlah likes dan komentarnya lebih banyak dari dirimu. Jika banyak yang likes, syukuri saja. Jika tidak ada yang likes, biarkan saja. Jika banyak yang komentar, dibalas dengan baik. Jika tidak ada yang berkomentar, lupakan saja.

3. Unfollow Akun yang tidak Memotivasi

Tips selanjutnya untuk menghindari stres karena sosial media adalah melakukan unfollow akun – akun yang tidak memotivasi sehingga tidak membuatmu bahagia. Jika kamu sering uring – uringan karena salah satu akun, baiknya unfollow saja. Selektiflah dalam memilih teman di sosial media, supaya feed yang kita lihat berisi konten yang memotivasi. Buat dirimu bahagia dengan melihat konten yang menyenangkan.

4. Tidak Perlu Membandingkan Diri

Berhentilah membandingkan diri kita dengan orang lain. Jika mereka lebih baik, buatlah itu menjadi motivasi supaya diri kita lebih baik lagi. Tidak semua yang terlihat baik di sosial media, akan baik di kehidupan nyatanya.

Nah, itulah 4 tips cara menghindari stres karena bermain sosial media. Semoga dengan penjelasan sedehrana di atas bisa membatu kalian untuk lebih bijak lagi dalan bermain sosial media. terimakasih.

0 Response to "Tips Menghindari Dampak Stres Akibat Sosial Media"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel