5 Aplikasi Desain Terbaik yang dapat digunakan untuk PC

Untuk kalian yang ingin belajar desain, baik pemula ataupun yang sudah mahir wajib tau aplikasi desain terbaik apa saja. Sebenarnya ada banyak aplikasi desain yang dapat digunakan. Ada aplikasi yang berbayar maupun gratis. Tetapi pada artikel kali ini saya hanya akan membahas lima aplikasi desain saja. Aplikasi desain bermacam-macam jenisnya ada yang khusus untuk bitmap ataupun vector. Dari aplikasi yang mudah digunakan hingga aplikasi yang terlihat rumit namun toolsnya sangat lengkap. Namun itu kembali lagi kepada diri kita akan mencoba aplikasi desain yang mana. Karena tingkat kesulitan pemakaian tiap-tiap aplikasi berbeda-beda. Tergantung selera kita lebih mudah menggunakan aplikasi apa. Untuk mengetahui aplikasi apa saja mari kita simak bersama-sama.

1. Aplikasi Corel Draw

Coreldraw adalah aplikasi yang digunakan oleh sebagian desainer untuk membuat logo atau desain visualisasi. Software Coreldraw ini adalah aplikasi yang berbasis vektor yaitu dimana vektor ini terdiri dari line-line sehingga saat di zoom hasil gambarnya tidak pecah. Berbeda dengan aplikasi desain berbasis bitmap, jika di zoom maka gambarnya akan pecah. Aplikasi ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Jika anda ingin membeli aplikasi ini silahkan kunjungi website resminya Coreldraw harganya sekitar 9.500.000 rupiah.

Banyak yang menggunakan aplikasi ini terutama untuk bidang visualisasi, publikasi dan juga percetakan. Jadi jika anda bekerja di sebuah toko percetakan anda wajib menguasai aplikasi desain ini. Fungsi dari coreldraw ini bisa untuk membuat gambar vektor, seperti animasi, logo dan juga desain visual lainnya.

2. Photoshop


Adobe Photoshop adalah perangkat lunak atau salah satu aplikasi desain yang dikembangkan oleh Adobe System. Software Adobe Photoshop ini banyak digunakan oleh Photographer untuk mengedit foto ataupun untuk menambah efek pada foto.  Saat ini Photoshop sangat berkembang sehingga tool-tool yang ada di Photoshop sudah lumayan lengkap. Tapi apakah photoshop hanya bisa digunakan untuk mengedit foto saja ? jawabannya tidak.

Sampai saat ini Photoshop terus meningkatkan fiturnya, maka dari itu photoshop bukan hanya untuk mengedit foto tetapi juga bisa untuk memenuhui kebutuhan desain lainnya. Seperti pembuatan logo, membuat brosur, poster digital, dan kebutuhan desain lainnya. Hanya saja photoshop ini kan berbasis bitmap jadi hasil foto saat di zoom kemungkinan akan pecah atau menjadi kotak-kotak. Yang menyebabkan seperti itu, dikarenakan photoshop terdiri dari pixel-pixel. Jadi jika kamu ingin mendaptkan hasil foto yang jernih gunakan resolusi yang tinggi.

3. Adobe Ilustrator

Adobe Ilustrator adalah aplikasi desain berbasis vektor yang dikembangkan oleh Adobe System. Aplikasi Adobe Ilustrator ini sering digunakan oleh para influencer ternama. Pengguna terbanyak dari aplikasi desain ini biasanya orang yang sudah profesional. Karena tool yang ada di Adobe Ilustrator cukup komplit dan butuh pemahaman yang lebih untuk mengelola gambar vektor. Faktor mengapa influencer banyak menggunakan Adobe Ilustrator, karena aplikasi ini banyak digunakan oleh orang luar negeri. Contohnya Freepik, disana para influencer menggunggah karyanya menggunakan format Ai atau Eps. Maka dari itu influencer desain banyak menggunakan aplikasi ini untuk membuat karyanya, dan dapat di setujui oleh Freepik.

Tapi apakah semua desain yang dibuat oleh aplikasi ini bisa terbit di Freepik ? Jelas tidak semudah itu. Agar hasil karyamu dapat diunggah di Freepik kamu harus mempunyai desain yang bagus. Materi ini akan di bahas pada artikel selanjutnya ya.

4. Inkscape

Inkscape adalah aplikasi desain vektor yang digunakan untuk membuat gambar atau mengedit gambar vektor. Aplikasi desain ini tak beda jauh dengan aplikasi desain vektor lainnya. Serta dilengkapi dengan fitur impor dan ekspor gambar jadi dapat memudahkan kita dalam bekerja. Adapun format utama gambar dari aplikasi ini adalah SVG (Scalable Vector Graphics). Cocok digunakan oleh pemula atau orang awam karena tampilannya mudah untuk dipahami. Perangkat lunak yang satu ini gartis seutuhnya sehingga siapa pun bisa menggunakannya.

Inkscape ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan desain lainnya seperti membuat logo, membuat gambar vektor, membuat lukisan, dan lain sebagainya.

5. Adobe Indesign

Adobbe Indesign adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Adobe System. Bisa dibilang adobe indesign ini masih bersaudara dengan adobe photoshop dan adobe ilustrator. Penggunaanya pun hampir sama, namun adobe indesign ini lebih digunakan untuk pembuatan poster, brosur, bahkan majalah atau buku. InDesign adalah yang paling umum digunakan untuk layout buku yang kompleks.

0 Response to "5 Aplikasi Desain Terbaik yang dapat digunakan untuk PC"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel