Menjaga Tubuh Tetap Sehat Ketika Bekerja Malam

Bekerja malam – Di zaman modern ini, bekerja malam bukan hal yang absurd bagi kita. Pekerja malam biasanya memakai waktu siang mereka untuk beristirahat semaksimal mungkin. Tapi tidak menutup kemungkinan juga mereka di siang hari juga bekerja dangan pekerjaan lain.

Tuntutan ekonomi merupakan faktor utama mengapa setiap pencari kerja mau dipekerjakan di waktu kapan saja, termasuk di waktu malam.

Namun banyak orang tidak sanggup menyiasati bagaimana mengatur waktu kerja malam dengan aktifitas di siang hari. Ini menyebabkan di siang harinya mereka tidak sanggup produktif, bahkan tubuh akan terasa selalu lemas.

Tapi tenang, di bawah ini ada beberapa tips agar tubuh Anda tetap bersemangat dan segar walaupun bekerja malam.

1. Mengatur ulang agenda alami tubuh
Fisik Anda telah mempunyai agenda alami yang telah otomatis mengatur segala kondisi tubuh menyesuaikan dengan keadaan sekitar. Begitu juga ketika malam, tubuh Anda akan secara otomatis menjadwalkan diri untuk tidur.

Anda sanggup mengatur ulang agenda alami tubuh Anda dengan membalikannya. Jadi, ketika malam hari Anda bangkit untuk bekerja, dan di siangnya Anda gunakan untuk istirahat dan tidur. Lakukan secara rutin biar agenda alami tubuh sanggup tersetting dengan otomatis.

2. Mengatur agenda makan
Dengan mengatur teladan makan Anda, nutrisi tubuh akan terpenuhi dengan baik. Ketika Anda bangkit malam untuk bekerja, makanlah terlebih dahulu. Tapi perlu diingat, bila Anda bangkit lebih dari jam deapan malam, maka janganlah memakan kuliner yang berat. Cukup dengan makan buah, minum air putih atau makan madu.

3. Perubahan jam kerja yang konstan
Banyak orang bekerja malam dengan cara shifrt atau bergantian. Ketika Anda menjalani pergantian jam kerja atau shift secara tidak teratur maka organ tubuh Anda akan dipaksa memompa tenaga ke seluruh tubuh biar tetap fit. Ini menciptakan ketidakteraturan dalam siklus kerja setiap organ dalam tubuh. Ingat, atur agenda secara konsisten. Semisal Anda dipilih untuk bekerja malam hari, maka pilihlah agenda shift malam hari minimal seminggu. Kemudian seminggu berikutnya silahkan ganti agenda kerja Anda.

4. Hindari ngemil ketika malam
Sebagian orang menganggap ngemil ketika bekerja malam sanggup menambah energi tubuh, tetapi hal itu salah. Ngemil ketika malam hari sangat tidak dianjurkan. Karena tubuh akan kesulitan mencerna makanan-makanan kudapan yang kurang sehat. Lebih baik gantilah dengan memakan buah, minum madu atau kacang-kacang yang mempunyai kandungan gizi tinggi

5. Mengatur postur tubuh
Mengatur postur tubuh ketika bekerja ialah sangat penting. Ketika pekerjaan Anda menyita banyak waktu untuk duduk di dingklik maka atur posisi duduk dengan senyaman mungkin. Posisi punggung tegak, tetapi bukan terlalu tegak sampai membusungkan dada, sebab itu akan menyiksa penggalan belakang perut Anda. Kemudian posisikan kaki sejajar lurus, atau silakan kaki ketika mulai pegal. Sesekali berdirilah atau berjalan-jalan kecil untuk mengendurkan otot-otot tubuh yang telah tersetting duduk di dingklik selama berjam-jam.

Bila duduk di depan komputer atau laptop, atur posisi monitor / layar sempurna di depan mata anda tetapi jangan terlalu dekat. Posisikan tangan senyaman mungkin biar ketika mengetik otot-otot jari dan tangan tidak bekerja secara berlebih.

6. Hindari minuman berenergi
Minuman berenergi, menjadi solusi banyak orang untuk menjaga keadaan tubuh biar tetap bertenaga ketika malam. Tetapi minuman berenergi bukanlah minuman alami, jadi ketika meminum minuman ini sama saja Anda meminum obat.

Sudah sanggup dipastikan oleh dokter manapun kalau mengkonsumsi minuman berenergi pada malam hari setiap hari akan menyebabkan beberapa organ dalam tubuh Anda mengalami gangguan.
Maka mulai kini hindari minuman berenergi dan gantilah minuman tersebut dengan madu atau minimal minum air putih lebih banyak dari siang hari. Air putih juga sanggup menjaga stamina tubuh tetap stabil di ketika malam tiba.

7. Jangan eksklusif mandi ketika akhir bekerja
Ketika malam hari begadang untuk bekerja dan akhir pada esok hari, maka jangan eksklusif ambil handuk dan mandi. Hal ini dikarenakan tubuh yang masih hangat ketika akhir bekerja Anda siram dengan air maka suhu tubuh menjadi turun secara drastis. Hal ini merupakan salah satu penyebab tubuh Anda akan terjangkit flu.

Solusi ketika Anda ingin mandi sesudah bekerja malam, ialah istirahatkan tubuh sejenak kira-kira satu jam menunggu suhu tubuh menurun perlahan. Atau bila perlu tidurlah dahulu, sebab dengan tidur Anda akan benar-benar mengistirahatkan tubuh Anda.

Itulah tips mengenai Menjaga tubuh tetap sehat ketika bekerja malam. Yang perlu diperhatikan dalam tips diatas adalah, jaga teladan hidup sehat. Walaupun teladan hidup sehat tidak menganjurkan malam hari untuk bekerja, namun sebab tuntutan, lakukan teladan hidup sehat tersebut sebisa Anda. Dengan begitu rasa lemas dan malas akan hilang ketika sudah terbiasa.

0 Response to "Menjaga Tubuh Tetap Sehat Ketika Bekerja Malam"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel