5 Menu Sarapan yang Bisa Bantu Turunkan Risiko GERD

Gastroesofageal reflux disease (GERD) adalah suatu kondisi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Umumnya penyakit ini disebabkan oleh pola hidup yang tak sehat, seperti mengonsumsi makanan secara sembarangan.
Penyakit ini pun dapat terjadi pada siapa saja. Namun tak perlu khawatir karena dengan menerapkan pola makan yang benar kamu bisa terhindar dari GERD.

Berikut ini adalah 5 makanan yang bisa mengurangi risiko gejala GERD, seperti dikutip dari Healthline.

1. Sayuran
Sayuran secara alami bisa meredakan asam lambung, karena kandungan gula dan lemaknya yang rendah. Berbagai macam sayuran seperti kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, mentimun dan berbagai sayuran berdaun hijau pun bisa menjadi pilihan untuk atasi GERD.

2. Jahe
Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang merupakan obat untuk masalah pencernaan. Kamu dapat mencampurkan jahe ke makanan atau minuman kesukaanmu sehingga rasanya akan lebih enak ketika dikonsumsi.

3. Oatmeal
Memiliki kandungan serat yang tinggi, membuat oatmeal menjadi pilihan yang pas untuk mengurangi risiko kambuhnya GERD.

4. Daging tanpa lemak
Daging tanpa lemak seperti ayam, ikan, dan makanan laut lainnya dapat mengurangi gejala GERD. Terlebih bila dimasak dengan cara dipanggang atau direbus akan menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

5. Putih telur
Telur memang memiliki banyak kandungan nutrisi, namun bagi kamu yang memiliki riwayat GERD lebih baik untuk memilih putih telur untuk dikonsumsi. Sebab kuning telur memiliki lemak yang cukup tinggi, sehingga dapat memicu gejala penyakit ini.

0 Response to "5 Menu Sarapan yang Bisa Bantu Turunkan Risiko GERD"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel