4 Langkah Sederhana untuk Lebih Rajin Menabung

Selama ini mungkin kita menganggap bahwa menabung baru bisa dilakukan bila ada "uang sisa". Padahal untuk menabung, kita juga perlu memiliki komitmen dan kedisiplinan yang kuat. Menabung tampak mudah dilakukan, tapi bagi sebagian orang menabung terasa sangat sulit.

Untuk bisa lebih rajin menabung, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan. Kalau selama ini belum terbiasa menabung, mungkin akan sedikit kesulitan untuk memulai. Namun, kita bisa mencobanya pelan-pelan.

1. Tabung Dulu sebagian Uang sebelum Dibelanjakan

Begitu dapat gaji, segera sisihkan sebagian untuk ditabung. Tabung dulu sebagian uang yang kita alokasikan untuk ditabung sebelum membelanjakan semua uang yang ada. Dengan cara ini, kita bisa lebih mudah mengatur dan mengondisikan keuangan kita ke depannya.

2. Buat Prioritas Jangka Panjang dan Jangka Pendek

Buat tujuan dan target agar lebih semangat dalam menabung. Buat prioritas jangka panjang dan jangka pendek dalam rencana menabungmu. Misalnya, ada rencana jangka pendek untuk liburan ke luar kota dalam waktu tiga bulan. Maka, dari sekarang kita bisa mulai merencanakan berapa banyak yang uang yang perlu ditabung untuk mencapai target biaya liburan yang kita butuhkan tersebut.

3. Mulai dari Nominal Kecil tapi Disiplin

Kita perlu realistis juga bahwa dari penghasilan yang kita dapatkan, kita perlu menggunakannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Sehingga untuk uang yang disisihkan untuk menabung perlu realistis juga. Bisa dimulai dari nominal terkecil tapi lakukan dengan disiplin.

4. Uang yang Masih Tersisa dari Pos Pengeluaran Bisa Ditabung

Misalnya, kita sudah membuat pos belanja mingguan dengan nominal Rp300 ribu. Lalu, ternyata masih ada sisa Rp75 ribu dari pos pengeluaran tersebut. Uang itu bisa langsung kita tabung. Uang yang kita punya bisa diibaratkan seperti air. Jika tak dikelola dengan baik, nantinya bisa mengalir begitu saja dan seakan menghilang tanpa kita sadari.

Kita juga bisa mencoba melakukan investasi dari tabungan yang kita punya. Hanya saja pastikan kita benar-benar punya pemahaman yang baik tentang investasi yang akan kita coba agar tidak salah langkah.

0 Response to "4 Langkah Sederhana untuk Lebih Rajin Menabung"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel