Tips Agar Kuota Hemat Pada Saat Menonton Youtube

Youtube merupakan salah satu website yang sangat menyenangkan. Dimana kamu dapat menonton berbagai video dengan berbagai genre. Seringnya, penikmat Youtube jadi lupa waktu saat menonton Youtube.
Tips Agar Kuota Hemat Pada Saat Menonton Youtube

Padahal, Youtube cukup memakan kuota jika kamu menonton menggunakan kuota data. Jika ingin hemat, kamu bisa menonton menggunakan wifi. Tentunya kamu harus tersambung ke jaringan wifi. Namun, kamu tentu tidak selalu berada di area yang tercover wifi.

Untuk kamu yang ingin menikmati video Youtube tanpa khawatir kuota jebol. Kamu bisa menggunakan tips di bawah ini.

1. Simpan Video dengan Wifi
Solusi untuk kamu yang tidak selalu dikelilingi oleh wifi, terlebih jika di rumah tidak ada wifi, kamu dapat memanfaatkan waktu ketika berada di area wifi. Caranya adalah dengan menyimpan video. Ketika sedang terkoneksi dengan wifi, carilah video yang akan kamu simpan. Tidak perlu ditonton, kamu hanya perlu langsung menyimpannya. Video ini nantinya dapat kamu tonton tanpa data. Tapi yang terpenting, ruang penyimpananmu harus cukup untuk menyimpan semua video tersebut. 

2. Tetapkan Batas Penggunaan Data 
Cara selanjutnya, kamu dapat menetapkan batasan kapasitas kuota data internet yang akan digunakan. Untuk pengguna android, kamu dapat masuk ke "Pengaturan" kemudian pilih "Penggunaan Data". Selanjutnya aktifkan menu "alert me about data usage". Nantinya, kamu akan mendapatkan notifikasi dengan berapa banyak kuota data yang digunakan.

Pengguna iOS juga dapat menetapkan batasan penggunaan data. Langkah pertama buka pengaturan, kemudian klik Seluler atau Data Seluler.

Sementara bagi pengguna iPad, kamu dapat membuka Pengaturan kemudian klik Data Seluler. Di sini, kamu dapat menentukan aplikasi yang digunakan untuk penggunaan data. 

3. Gunakan Aplikasi Penghemat Data 
Kamu dapat menggunakan aplikasi penghemat data. Umumnya, aplikasi penghemat data dapat menghemat data lebih dari 50%. Tidak hanya video, aplikasi ini juga dapat menghemat data saat mendownload gambar.

Salah satu aplikasi yang dapat menghemat data lebih dari 50% adalah Opera Max, yang dapat menghemat data hingga 60%. Opera Max mencatat setiap kapasitas daya yang sudah dihemat, dimana menggunakan algoritma dan perangkat lunak untuk mengkompresi data pada berbagai konten, diantaranya video, foto, dan teks. 

4. Turunkan Kualitas Video 
Di Youtube, kamu dapat memiliki kualitas video yang akan kamu tonton. Mulai dari 144p hingga 1080p. Semakin tinggi kualitas video, semakin tinggi juga kuota yang digunakan. Jika ingin menghemat kuota, kamu dapat memilih kualitas video yang tidak terlalu tajam. Inilah konsekuensinya jika ingin menghemat kuota. 

5. Gunakan Aplikasi Youtube Go 
Youtube meluncurkan aplikasi untuk menghemat kuota bernama Youtube Go. Cara kerjanya yaitu ketika akan mengakses video, muncul pilihan besaran kuota yang akan dihabiskan untuk menonton satu video. Ini dapat disesuaikan dengan sisa kuota internet yang kamu miliki. Selain itu, Youtube Go juga menampilkan sisa kuota yang kamu miliki.

Ketika memilih video, kamu akan diberi tawaran "Play orDownload", sehingga kuota tidak langsung terpakai. Jika pilih download, kamu akan ditawarkan resolusi video yang akan didownload. Ini tentunya akan lebih menghemat kuota. 

6. Gunakan Browser Opera Mini 
Opera Mini masih menjadi browser yang dapat menghemat kuota ketika streaming video karena adanya fitur Video Boost. Fitur tersebut akan mengurangi ukuran data video sekaligus mempercepat waktu loading, serta dapat mengurangi buffering. 

7. Gunakan UC Browser 
Selain Opera Mini, ada juga broser lain yang dapat digunakan untuk menghemat kuota saat streaming video, yaitu UC Browser. UC Browser memiliki fitur Fast Mode untuk mengkompresi kuota data. Selamat mencoba!

0 Response to "Tips Agar Kuota Hemat Pada Saat Menonton Youtube"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel