10 Makanan Ini Kurangi Kadar Asam Urat Tinggi Menjadi Normal

Asam Urat
Asam urat diproduksi oleh pemecahan alami purin. Purin terjadi secara alami di dalam tubuh dan juga ada dalam makanan yang kita konsumsi. Tingkat asam urat yang tinggi terjadi ketika ginjla tidak bisa menghilangkan asam urat dari tubuh.

Faktor-faktor yang menyebabkan pengendapan asam urat dalam tubuh di antaranya kelebihan berat badan, terlalu banyak konsumsi alkohol, asupan makanan kaya purin, hipotiroidisme, insufisiensi ginjal, obat penekan kekebalan tubuh, diuretik tertentu, dan lain-lain.

Selain mengonsumsi obat, mengonsumsi makanan sehat juga sangat penting untuk menghindari komplikasi jangka panjang dari peningkatan asam urat dalam tubuh. Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat mengontrol kadar asam urat Anda.

1. Cuka apel atau apel
Asam malat, kandungan utama apel, dapat membantu menurunkan kadar asam urat menjadi normal. Tambahkan 1-3 sendok teh cuka apel ke dalam 240 ml air hangat. Minum 2-3 kali sehari. Mengonsumsi apel segar juga akan memberikan efek yang sama.

2. Minyak zaitun
Minyak zaitun memiliki efek anti inflamasi. Anda dapat mengonsumsinya dengan menambahkan ke dalam sayuran, salad, atau pasta.

3. Kacang-kacangan
Kacang Brazil, kacang mete, almond, macadamia dan walnut, berpurin rendah. Maka dari itu dapat membantu mengurangi kadar asam urat tinggi menjadi normal.

4. Air lemon
Lemon merupakan sumber vitamin C dan asam sitrat yang sangat baik. Tambahkan perasan lemon ke dalam satu gelas air hangat, konsumsi 2-3 kali sehari.

5. Air putih
Minum lebih banyak air akan mencairkan asam urat dan dengan demikian akan mengurangi rasa sakit karena pengendapan kristal asam urat. Disarankan untuk minum 10-12 gelas air putih per hari. Juga, cobalah untuk memasukkan lebih banyak cairan dan buah-buahan kaya air dalam makanan Anda.

6. Baking soda
Hasil studi menemukan, baking soda bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat menjadi normal. Baking soda dapat mempertahankan kondisi basa dalam tubuh, yang membuat asam urat lebih mudah larut dan dengan demikian membantu ekskresi. Tapi, jangan gunakan metode ini secara teratur.

7. Buah ceri
Bioflavonoid, proanthocyanidine, dan anthocyanine yang hadir dalam ceri membantu mencegah kristalisasi asam urat pada persendian.

8. Sayuran rendah purin
Sayuran rendah purin, seperti brokoli, mentimun, tomat, dan lain-lain, dapat memberikan bantuan pada penderita asam urat. Kentang dan jagung juga efektif mengurangi asam urat. Jus wortel yang dicampur dengan jus mentimun adalah minuman yang sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat.

9. Vitamin C
Vitamin C memiliki efek nyata untuk mengurangi asam urat. Penderita asam urat tinggi harus mengonsumsi buah-buahan kaya vitamin C, seperti jambu biji, kiwi, jeruk, tomat, dan lain-lain.

10. Kacang arab
Kacang pinto, kacang lima, kacang arab dan lain-lain merupakan sumber folat yang baik, sehingga dapat membantu menurunkan kadar asam urat menjadi normal.

Sumber: Boldsky

0 Response to "10 Makanan Ini Kurangi Kadar Asam Urat Tinggi Menjadi Normal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel