Cara Membuat Watermark Massal Pada Banyak Foto dan Gambar

Membuat watermark masal pada gambar bisa menjadi hal yang efektif bagi anda yang memiliki banyak foto atau gambar yang ingin menguploadnya di internet baik di situs jejaring sosial blog website atau forum. Watermark sendiri adalah sebuah tulisan / gambar / logo yang diletakkan didalam foto / gambar untuk menandai bahwa foto tersebut adalah milik kita atau kita yang buat, bisa diartikan juga kitalah yang mempublikasikannya ke Internet.

Ada berbagai macam cara untuk membuat watermark baik di PC maupun di perangkat Smartphone seperti android, mulai dengan cara yang manual hingga otomatis. Cara manual misalnya langsung menuliskan kata atau memasukkan logo kedalam gambar melalui aplikasi pengolah gambar seperti Paint, Photoshop, dll. Jika di Smartphone bisa langsung diedit dan ditambahkan tulisan seperti menggunakan aplikasi editor foto dan gambar. Nah, untuk cara yang lebih simpel untuk membuat watermark secara masal dan otomatis, blog dewainfo.com akan memberikan tips bagaimana membuat watermark masal, baik di PC, Android, atau Web berbasis Wordpress.

MEMBUAT WATERMARK MASAL DI PC / LAPTOP

1. Downloadlah software gratis Faststone Image Viewer di http://faststone.org/FSViewerDownload.htm

2. Kemudian Install


3. Buka Faststone Image Viewer, lalu pada deretan folder sebelah kiri cari folder foto / gambar yang ingin diberi watermark

4. Pilih foto foto yang ingin dikasih watermark, jika semua langsung sama klik CTRL+A lalu klik kanan pilih Tools > Batch Converter.

5. Berikan tanda centang pada Use Advanced Options dan klik tombol Advanced Options.

6. Pada menu Bar yang muncul pilih menu Watermark > centang Add Watermark > selanjutnya di kolom Watermark Image carilah gambar Watermark yang anda miliki, pada menu Position Bottom Right lalu seretlah gambar pada lokasi foto yang diinginkan selanjutnya klik OK.

7. Kemudian anda akan kembali ke halaman Batch Converter, silahkan pilih folder output, terakhir klik Convert. Jika sudah selesai anda bisa klik Done (beri tanda centang Open Containing Folder) untuk melihat hasilnya.

MEMBUAT WATERMARK DI ANDROID

Selanjutnya adalah aplikasi watermark untuk android. Jika kita memiliki banyak gambar atau foto yang tersimpan di perangkat seluler android, kita juga bisa memberikan watermark baik dengan menggunakan teks, gambar, logo atau sticker. Ada banyak sekali aplikasi pembuat watermark untuk android yang bisa diunduh di market aplikasi Android seperti Playstore.

MEMBUAT WATERMARK OTOMATIS DI WORDPRESS SELFHOSTING

Bagi anda pemiliki website yang berbasis Wordpress Selfhosting bisa memasang beberapa plugin watermark yang akan secara otomatis memberikan watermark pada gambar (posting) yang dipublikasikan. Beberapa plugin watermark untuk watermark antara lain :

- Watermark Reloaded
- Watermark My Image
- Signature Watermark
- Scissors and Watermark
- DMCA Watermarker

0 Response to "Cara Membuat Watermark Massal Pada Banyak Foto dan Gambar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel