7 Cara Mudah Hilangkan Sakit Nyeri Punggung

Nyeri punggung adalah salah satu penyebab utama orang-orang kehilangan pekerjaan di Amerika Serikat. Gangguan kesehatan ini juga merupakan salah satu alasan utama kunjungan dokter yang sangat tinggi. Sekitar 80% dari warga Amerika Serikat mengalami nyeri punggung bawah setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Dalam istilah dasar, sakit punggung digambarkan sebagai perasaan kasar (menusuk) yang datang dari belakang. Jenis rasa sakit ini dapat berkisar dari sangat membosankan hingga sangat menyakitkan dan menyiksa. Nyeri punggung umumnya terasa pada bagian atas, dan lebih dominan nyeri punggung bawah.

sakit nyeri punggungAda beragam faktor yang memicu munculnya gangguan sakit punggung, antara lain karena stres terkait pekerjaan, sedang mengandung, faktor usia, gaya hidup, kecemasan dan depresi, kenaikan berat badan, aktivitas fisik yang berlebihan, mengangkat beban berat, dan akibat merokok. Selain itu, radang sendi, jaringan pengaman (disc) yang pecah pada tulang belakang, masalah tidur, dan herpes zoster (infeksi saraf) juga berpengaruh besar terjadinya gejala nyeri punggung.

Sebelum Anda memutuskan pergi ke dokter untuk menghilangkan rasa sakit pada punggung anda, mungkin anda bisa mencoba dulu beberapa cara sederhana berikut ini di rumah.

1. Terapi Dingin dan Panas
Lakukan metode ini beberapa kali sehari, tergantung pada seberapa buruk rasa sakitnya. Bungkus balok es ke dalam handuk. Lalu tempatkan handuk ke area yang sakit. Tempel di sana selama 20 menit. Ini akan membuat pembengkakan menurun.

Setelah sekitar dua hari atau lebih, alihkan ke media panas. Anda bisa menggunakan handuk yang direndam ke dalam air hangat, lalu diperas dan ditempelkan pada bagian punggung yang terasa nyeri. Ini akan mengurangi pembengkakan dan akan membuat darah mengalir lagi.

2. Perhatikan Postur dan Kenyamanan Tubuh Anda
Ketika sedang duduk di meja kerja, biasanya cenderung melakukan hal yang “membungkuk”. Ini adalah kebiasaan buruk, dan harus segera diperbaiki. Yang bisa Anda lakukan adalah dengan sesering mungkin melakukan peregangan pada tulang belakang Anda. Berdiri tegak, lalu miringkan panggul ke belakang dan ke depan. Perhatikan di mana Anda merasa paling nyaman.

3. Peregangan di Pagi Hari
Saat bangun pagi, sembari berbaring rentangkan tangan Anda di atas kepala. Tarik satu lutut anda ke bagian dada, sementara kaki lainnya di rentangkan. Lakukan secara bergantian. Peregangan sederhana ini bisa melatih otot dan tulang belakang anda lebih fleksibel.

4. Gunakan Lada
Lada (pepper) merupakan salah satu agen penyembuhan alami. Bubuk lada yang dicampur minyak kelapa dapat dipakai sebagai obat gosok pada bagian yang nyeri. Jika ingin lebih praktis, belilah produk liniments. Produk ini mengandung bahan yang ada dalam cabai, yang disebut sebagai capsaisin. Ini membantu mengurangi pembengkakan dan menurunkan kemerahan. Namun jangan berharap, rasa sakit bisa langsung hilang dalam semalam.

5. Bromelain dan Valerian
Anda juga bisa meredakan nyeri punggung dengan mengkonsumsi bromelain 500 mg yang bersumber dari buah nanas. Anda juga dapat mencoba Valerian yang bisa diminum bersama dengan teh. Aromanya mungkin tak sedap bagi sebagian orang.

6. Maksimalkan Endorfin di Dalam Tubuh
Zat Endorphin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh. Endorphin diproduksi oleh tubuh kita (kelenjar pituitary) yaitu pada saat kita merasa bahagia (tertawa) dan pada saat kita istirahat yang cukup. Untuk meningkatkan produktivitas senyawa ini, anda bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti berolahraga, meditasi (yoga), tersenyum, tertawa lepas, mendengarkan musik, bersosialisasi, serta mengkonsumsi cokelat.

7. Pastikan Anda Cukup Tidur
Ini adalah salah satu penyebab utama nyeri punggung kronis. Bukan hanya karena pola tidur yang salah, tetapi juga periode tidur yang tidak cukup akan menimbulkan gejala sakit punggung.

Demikianlah beberapa kiat sederhana untuk mengatasi nyeri pada punggung anda. Selain itu, hal penting lainnya dalam mengurangi sakit punggung adalah dengan melatih otot-otot terkait, seperti ekstensor (otot punggung dan pantat); flextors (otot-otot ini digunakan untuk membengkokkan dan meluruskan tulang belakang dari depan); obliques (otot-otot ini digunakan untuk menjaga keseimbangan tulang belakang); dan meregangkan hamstrings (paha belakang).

0 Response to "7 Cara Mudah Hilangkan Sakit Nyeri Punggung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel