5 Pekerjaan Online yang Menyenangkan dan Prospektif

Dunia online kian berkembang pesat seiring semakin luasnya jangkauan jaringan internet yang telah meng-cover hingga ke pelosok wilayah terpencil. Indonesia, sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna internet yang cukup besar merupakan pangsa pasar yang sangat prospektif. Menurut laporan teranyar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII), lebih dari 50% atau sekitar 143 juta warga Indonesia yang aktif dan terhubung dengan jaringan internet. Ini tentu menjadi celah pasar yang sangat menjanjikan.


Di samping itu, pesatnya kemajuan internet di Indonesia telah memunculkan beberapa profesi atau sumber ‘income’ baru untuk memperoleh pundi-pundi penghasilan. Nah, berikut ini dipaparkan sederet pekerjaan online yang cukup menjanjikan, mudah dilakukan, dan bisa sejalan dengan hobi.

1. Isi Survey Online
survey onlineIni merupakan salah satu peluang sumber penghasilan yang cukup mudah dilakukan. Memang, pekerjaan untuk mengisi atau menjawab survei bukanlah pengganti yang ideal untuk mengganti pekerjaan utama Anda. Hal ini karena jumlah penghasilan yang diterima tidaklah terlalu besar, bahkan lebih sering hanya berupa rewards yang bukan berupa uang. Akan tetapi, ini bisa menjadi ide yang cukup bagus untuk memperoleh hadiah diskon belanja atau bentuk ‘gift rewards‘ lainnya.

Saat ini, ada banyak website di luar sana yang menjanjikan membayar Anda untuk tugas menyelesaikan jajak pendapat (polling) dan jenis survey lainnya. Oleh karena itu, begitu banyaknya layanan survei online yang tersedia, maka sebaiknya terlebih dahulu Anda mengamati dan meneliti untuk menemukan situs survey yang cocok dan prospektif bagi Anda, serta tentunya yang bukan termasuk situs scam (tidak membayar).

Dalam aktivitas pengisi survey online ini, Anda berpeluang akan mendapatkan uang tunai untuk setiap survei yang Anda kerjakan (biasanya dibayar melalui PayPal) atau voucher untuk digunakan di toko-toko terkenal. Silakan kunjungi perusahaan seperti DarwinsData.com, PineconeResearch.com, dan PaidViewpoint.com. (Cari “survei” di RealWaystoEarnMoneyOnline.com untuk opsi lainnya.) Lalu daftar sebanyak mungkin situs yang Anda bisa. Situs akan menghubungi Anda melalui email atau aplikasi mobile ketika survei yang sesuai dengan demografi Anda muncul, dan Anda langsung mengambilnya.

2. Menjadi Blogger
Menjadi penulis online pada sebuah situs atau blogger merupakan salah satu pekerjaan yang muncul berkat kemajuan internet. Ini merupakan pekerjaan berbasis rumahan yang bisa Anda kerjakan di mana saja. Dalam melakoni pekerjaan sebagai penulis untuk media online, terutama blogger, Anda harus memiliki keterampilan menulis yang baik dan gairah untuk topik tertentu yang harus Anda garap, seperti mode, wisata atau olahraga. Sebagai pemula untuk menjadi seorang blogger, Anda bisa belajar melalui situs blogger.com atau wordpress.com yang tersedia dan digunakan secara gratis.

Setelah Anda telah terbiasa dan mahir dalam menulis konten serta mengelola situs blog Anda, maka mulailah berpikir untuk “memonetize” (menghasilkan uang) melalui situs blog Anda. Ada beragam cara untuk menghasilkan uang melalui blog, namun yang paling populer adalah menyediakan slot (space) iklan untuk produk tertentu atau jaringan afiliasi periklanan online, seperti Google Adsense, Media Ads, Infolink dan sejenisnya.

Untuk menjadikan situs blog Anda terlihat lebih profesional, maka disarankan untuk menggunakan top level domain, theme premium serta hosting berbayar. Selain terkesan lebih profesional, tentu penggunaan domain TLD, theme dan hosting berbayar akan lebih menjamin blog Anda diakses lebih cepat dan SEO friendly di mesin pencari, seperti Google dan Bing. Untuk kebutuhan tersebut, Anda bisa berlangganan di perusahan-perusahaan penyedia domain dan hosting berbayar terpopuler, seperti Niagahoster, Dewaweb, atau Hostinger. Khusus Hostinger, ini merupakan salah satu tempat membeli dan menyewa hosting yang ‘recommended‘ dan dipercaya oleh ribuan blogger dan pemilik toko online. Web hosting unlimited Indonesia ini hadir dengan harga yang terjangkau dan server uptime yang mencapai 99,9%

3. Menjadi Vlogger (Youtuber)
Ketika pengiriman data internet semakin cepat dan murah, maka konten video semakin mudah diakses dan dinikmati secara online. Berbagai situs berbagai video mulai mendapat perhatian dan mengambil ceruk pemirsa tv konvensional. Ini juga menciptakan peluang profesi baru sebagai vlogger (blogger versi video). Yang paling populer dan terbukti menghasilkan ‘income’ yang menjanjikan adalah menjadi vlogger untuk situs atau aplikasi Youtube, dan dikenal sebagai Youtuber.

Menjadi Youtuber boleh dibilang gampang-gampang susah. Yang diperlukan adalah daya kreativitas dan imajinatif dalam menciptakan konten-konten video yang menarik. Ada beragam pilihan topik yang bisa anda produksi sesuai dengan minta dan bakat Anda, seperti konten video tentang kecantikan, fashion, kuliner, wisata, teknologi, video komedi dan bahkan tentang dunia horor. Kreativitas tersebut menjadikan Anda berpeluang kerja di rumah dengan penghasilan yang besar sebagai Vlogger. Silakan kunjungi YouTube untuk membuat akun gratis Anda sendiri, kemudian ambil smartphone Anda dan mulailah membuat video-video yang menarik. Anda hanya perlu memastikan Anda tetap aktif, membuat video baru dan menarik secara rutin dan terlibat dengan pengikut Anda.

4. Jual Beli Online melalui Media Sosial
Mungkin banyak orang berpikir bahwa jual beli online yang bisa dilakukan melalui situs toko online. Namun saat ini, dengan semakin maraknya pengguna media sosial, seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Pinterest, dan Twitter, maka itu bisa menjadi lapak penjualan untuk menawarkan atau tempat promosi untuk produk yang ingin Anda jual. Jika Anda gemar bersosial media atau memiliki jumlah follower yang banyak, maka bisa memanfaatkan media sosial tersebut untuk menghasilkan profit dengan aktivitas menjual produk-produk tertentu, seperti fashion, kuliner, produk kecantikan, dan sebagainya. Bahkan dengan skema dropshipping, Anda sebenarnya tidak perlu memiliki stok barang di rumah yang akan Anda jual. Cukup melakukan kerja sama dengan pemasok atau toko lain, dan tugas Anda hanya memasarkan dan mencari pembeli atau konsumen via media online. Urusan pengepakan dan pengiriman barang adalah menjadi tugas supplier atau pemilik produk tersebut.

5. Sektor Desain Grafis
Jika Anda merupakan orang yang gemar menggambar dan mendesain, maka ini bisa menjadi sektor pekerjaan online yang menyenangkan dan sesuai dengan hobi Anda. Banyak perusahaan atau pebisnis yang selalu membutuhkan perancang yang terampil untuk memproduksi gambar, logo, grafis atau iklan visual lainnya untuk situs web mereka. Ini adalah peluang bagi para desainer grafis. Ada beberapa situs yang khusus menyediakan lowongan pekerjaan freelance untuk kebutuhan desain grafis, seperti Devianart, 99designs, dan situs sribu.com untuk versi lokal. Situs-situs tersebut memberikan tawaran kerja freelance yang sangat banyak untuk Anda yang ingin terjun menggeluti profesi online sebagai desainer grafis.

Nah, demikianlah sederet pekerjaan online yang saat ini cukup bagus dan menjanjikan keuntungan yang maksimal. Jika Anda ingin mencari inspirasi tentang jenis-jenis peluang usaha atau pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah.

0 Response to "5 Pekerjaan Online yang Menyenangkan dan Prospektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel